Saturday, October 2, 2010

PANCASILA MASIH SAKTIKAH ????????????????????

  1. <Dibaca dengan keras dan lantang seperti waktu upacara semasa sekolah dahulu>
 Pancasila :
  1. Ketuhanan yang maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adildan beradab
  3. Persatuan indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan Perwakilan.
  5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Itulah bunyi sila-sila Pancasila yang saya kenal selama ini. Sejak menginjakkan kaki ke bangku sekolah dasar (saya gak pake TK) hingga SMU, hampir setiap upacara bendera saya menyebutkan sila-sila tersebut dengan lantang.
Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila yang jatuh ada hari ini (1 Oktober 2010 ), ingin rasanya melihat kembali kebelakang. Mungkin dahulunya Pancasila memang <span>Sakti</span>PKI aja gak bisa ngejatuhin Pancasila (semoga sejarah gak menipu saya n teman-teman sekolah saya  ). Tapi lihatlah sekarang ini… dilingkungan kita, tempat tinggal kita, dan negara yang kita cintai ini. Bahkan belum tentu kita masih hafal dengan (lima dasar negara Kita). Ayoooo sebelum baca note ini siapa yang masih hafal...??
  • Sila ke-1, masih okekah ?? Kebebasan beragama adalah hak azasi yang mutlak dan wajib di hargai, setiap warga negara punya hak yang sama untuk beribadah dan memeluk agama masing masing sesuai dengan keyakinannya. Namun akhir akhir ini Sila ke satu masih terluka dengan adanya segelintir orang yang belum dewasa dalam mensikapi sebuah perbedaan . 
  • Seharusnya Perbedaan bukan menjadi halangan bagi kita semua untuk saling membangun menghargai dan saling menghormati.Tindakan kekerasan atas nama agama masih ada di mana mana  .... INGATLAH SILA PERTAMA ..... 
  • Sila ke-2, apakah kebanyakan manusia Indonesia masih beradab? (pertanyaan juga tertuju untuk saya sendiri)bagaimana perlakukan  baegara tetangga terhadap TKI/TKW kita , mereka sengaja melanggar Kedaulan Negara kita ?? Bagaimana dengan aksi aksi kekerasan antar kelompok membunuh, teroris dimana mana siapa yang jadi korban ?? saudara saudara kita juga yang tidak tahu apa apa masyarakat sipil yang tidak bersalah... tengok dan resapi... dan berpikirlah kawan ???
  • Sila ke-3, semoga gak ada gejolak-gejolak lagi didaerah yang ingin memisahkan diri dari negara kesatuan ini. Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati bagi bangsa ini tidak ada negara agama di Indonesia. Bingkai kita adalah BHINEKA TUNGGAL IKA  jangan ada lagi perpecahan antar suku ras agama dan golongan atau kelompok masyarakat saling bermusuhan saling menyerang, seperti barusan yang terjadi di Jala, Ampera jakarta, Tarakan kalimantan, Poso, Ambon, dll.. 
  • Sila ke-4, nah menurut hemat saya, sila ke-4 ini yang paling gak relevan sama keadaan negara kita sekarang ini. Seharusnya rakyat menjadi prioritas utama dalam pembangunan, pendidikan, kesehatan, bahkan dalam mengambil keputusan-keputusan negara. Tapi nyatanya… malahwakil rakyat yang mendapatkan semua itu. Rakyatnya… malah bingung gak ngerti apa-apa n gak dapet apa-apa.Apakah para wakil kita sudah mewakili kita ??? Kita lihat para elit Politik kita.. dengan hati nurainin lihatlah rakyat Indonesia yang anda wakili termasuk kami semua.. 
  • sila ke-5, ini lagi… masih sangat jauh dari keadaaan yang diharapkan. Oh Ya adilkah.. seorang nenek frenta hanya krn 3 buah kakao harus terpenjara, seseorang yang hanya krn menchrage HP di sebuat Rmah susun harus dipenjara ? sementara para Koruptor mendapatkan hukuman yang ringan !! Grasi !! berapa ua ng rakyat yang dihambur hamburkan ??? bagaimana seorang Gayus bisa menghabiskan ratusan Milliard bahkan trillyun.. bagaimana dengan para pengemplang pajak ??? Hmmmmmm yuk kita saling instrospeksi diri. khususnya para pemimpin ini ...
Saat ini banyak diantara kita tidak menyadari bahwa Pendiri Negara ini membangun negara dengan dasar yang sangay kuat. dan selalu relevan dengan perkembangan jaman samapai kapan pun.. beranikan kita berjuang menjaga agar Burung garuda dan Pancasila tetap tegak berdiri di Bumi Pertiwi INi ???
Apapun kondisi yang kita alami sekarang… Pancasila masih tetap menjadi landasan negara ini. Semoga dikemudian hari sila-sila Pancasila dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. PANCASILA JAYA, INDONESIA JAYA, RAKYAT MERDEKA !!!

Sekian sekapur sisrih dari kami
Radio MDC FM Surabaya
The Character Radio
Salam Persahabatan selamanya.

PNCASILA

No comments:

Post a Comment